Cara Konfigurasi class VLan dengan 1 Switch di Cisco Packet Tracer | Mediakom | Tutorial Komputer |

Cara Konfigurasi Class VLan dengan 1 Switch di Cisco Packet Tracer


       Hai sobat MedKom lama tak berjumpa yah jarang update artikel dikarenakan kesibukan praktikum yang selalu ada aja, maklum kejuruan :). Oke Kali ini saya akan memberikan Tutor yang bermanfaat terutama yang sekolah kejuruan (SMK) yang dibidang Teknik Komputer & Jaringan (TKJ) dan tutor ini adalah hasil kerjaan saya jadi s'moga saja bermanfaat ya! Oke langsung saja kita simak Tutor tentang Cara konfigurasi class VLan dengan 1 Switch di CPT. Kali ini saya menggunakan Versi Cisco Packet Tracer dengan versi 6.2 dan jangan lupa dengan Versi nya Student seperti kita yang masih pelajar.

       Pertama, Buka Cisco Packet Tracer kalian yang sudah kalian download dan install sesuai versi yang saya sarankan.

      Kedua, Pilih New dan Tambahkan PC diantaranya 9 s/d 18 sesuai keinginan kalian ingin menambahkannya berapa, lalu tambahkan switch yang bernama "3560-24PS" dan koneksikanlah komputer yang kalian tambahkan tadi ke switch nya, Untuk Tipe Connection nya pilih "Automatically Choose Connection Type" agar memudahkan kalian dalam memilih tipe koneksinya tersebut. Dan susunlah / desain sesuai digambar tersebut!
Kira-Kira seperti ini:



       Ketiga, Setting lah IP Address dari komputer masing masing, Misalnya komputer PC-PTPC1 Pada gambar diatas klik - pilih tab Dekstop - IP Configuration. Setelah sudah masuk settinglah seperti biasa kalian menyettingnya Contoh: Pilih Static - Lalu isi IP Address "192.168.1.1" dan Subnet Mask  "255.255.255.0" ketik sampai komputer lainnya tetapi ujung IP Addressnya beda menjadi 2 sampai 18 sesuai jumlah komputernya.

        Terakhir, Setelah semua PC sudah tersetting, sekarang kita tinggal setting switch nya saja untuk memberikan class pada PC yang sudah kita susun, Oke mari ikuti perintah berikut: Klik Switch - Pilih tab CLI, dan masukkan perintah berikut:
1. en
2. vlan database
3. vlan 10 name "nama kalian pertama tanpa tanda kutip"
4. vlan 20 name "nama kalian kedua tanpa tanda kutip"
5. exit
6. configure terminal(Diulang 7,8,9 sampai (9) kali pengulangan Command sesuai jumlah PC kalian)
7. interface fast ethernet 0/1 -s/d- 0/9
8. switch mode access
9. switchport access vlan 10
   (setelah sudah membikin 9 port di vlan 10,
   gantilah vlan 10 menjadi vlan 20 sampai 9 port!)

 *Selesai* dan tutuplah CLI nya.

 


       Untuk mengecek success tidaknya, cobalah anda mengirim pesan dari komputer vlan 10 dengan komputer sebelahnya yang memakai vlan 10 yang sdh disetting sebelumnya. Bila statusnya successful atau berhasil berarti yang anda setting tadi sudah benar. Dan


       Bila anda mengirim pesan ke komputer yang Class vlan 20 dan ternyata status nya Failed atau gagal, itu wajar saja karena kan anda mengconfigure nya dengan class vlan 20 karena vlan 10 dan vlan 20 sudah class yang berbeda. Bila seperti itu, selamat kalian mengconfigure Class VLan dengan 1 Switch di Cisco Packet Tracer  sudah berhasil / sukses.!!

        Itulah Tutorial tentang Cara konfigurasi class VLan dengan 1 Switch di CPT. Semoga kalian ingin mencobanya lancar-lenggang ya :). Bila ada yang kurang dimengerti segera kalian angkat bicara dikolom komentar. Semoga Bermanfaat!

Related Posts:

0 Response to "Cara Konfigurasi class VLan dengan 1 Switch di Cisco Packet Tracer | Mediakom | Tutorial Komputer |"

Posting Komentar

Jika ada link rusak, tolong beri tahu lewat komentar !!!